SOAL AKIDAH AKHLAK VERSI ABDUL GOFUR

SOAL AKIDAH AKHLAK
1.      Allah akan selalu melindungi makhluk ciptaan-Nya dari segala gangguan yang mengancam kehidupannya, Allah memberikan jaminan keamanan dan keberlangsungan hidup makhluk-makhluk-Nya karena Allah SWT bersifat ....
a.       Al-Wadud                   d. An-Nafi
b.      Al-Barr                        e. Al-Waliy
c.       Al-Qayyum

2.      Keseluruhan aspek kehidupan harus menerapkan prinsip regenerasi, kaderisasi dan pengalihan kepemilikian kepada orang yang berhak mendapatkannya. Hal ini merupakan konsekuensi logis dari beriman kepada salah satu sifat Allah swt yang disebut ....
a.       Al-Qoyyum
b.      Al-Warits
c.       An-Nafi
d.      Al-Muqsith
e.       Al-Waliy

3.      Selalu memberikan maaf kepada sesama dan menyadari dan meninggalkan kesalahan yang telah dilakukan merupakan salah satu bentuk meneladani sifat Allah swt yang dinamakan ....
a.       Ar-Roofi’
b.      Al-Afuww
c.       Al-Basith
d.      Al-Mu’izzu
e.       Al-Warits


4.      Perhatikan statemen di bawah ini!
1)      Tidak bersumpah untuk tidak memberi bantuan
2)      Menyadari keragaman sebagai sunatullah, sehingga tumbuh rasa toleransi dalam kehidupan masyarakat.
3)      Meyakini Allah yang memberi Kekuasaan
4)      Tidak memaksa dalam hal beragama, tetapi memberikan kebebasan untuk memilih agama.
5)      Meyakini Allah yang mencabut jabatan dan wewenang.
Dua bentuk sikap manusia yang meneladani sifat Allah Al-Mu’iz yaitu ....
a.       2 dan 5
b.      1 dan 3
c.       1 dan 4
d.      3 dan 4
e.       4 dan 5

5.      Selalu menjalankan aktifitas yang memberikan makna terhadap kelangsungan hidup bersama secara berkesinambungan dan sistemik merupakan salah satu bentuk pengamalan dari meneladani sifat Allah swt, yaitu ....
a.       Al-Hafidz
b.      An-Nafi’
c.       Al-Muqsith
d.      Al-Warits
e.       Al-Waduud



6.      Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1)      Tidak menjadi pengemis
2)      Memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat
3)      Berusaha selalu bermanfaat bagi yang lain
4)      Tidak mengumpat
5)      Tetap berprinsip tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah
6)      Menampakkan kelebihan kepada orang lain dan menutupi kekurangannya walaupun sebenarnya berhak dibantu.
7)      Tidak membeberkan kesalahan orang lain
8)      Tidak menjadi seorang yang pendendam
Tiga bentuk sikap manusia yang meneladani sifat Allah Al-Basit adalah ....
a.       1, 5 dan 6
b.      2, 3, dan 6
c.       6, 7, dan 8
d.      2, 3 dan 5
e.       1, 3, dan 4

7.      Senantiasa memberikan jalan kemudahan bagi setiap orang untuk menyelesaikan urusannya merupakan manifestasi dari meneladani salah satu sifat Allah swt yaitu ....
a.       Al-Basit
b.      Al-Hafidz
c.       Al-Gaffar
d.      Al-Warits
e.       Al-Waliy

8.      Orang yang beriman angkat diangkat Allah menjadi makhluk yang mulia dan sempurna. Hal ini menunjukkan bahwa Allah swt bersifat ....
a.       Al-Warits
b.      Ar-Raffi
c.       Al-Qoyyum
d.      Al-Barr
e.       Al-Basith

9.      Allah swt sebagai dzat yang berkuasa untuk mencukupi segala kebutuhan hidup dan menentukan segala urusan yang dihadapi makhluk-Nya karena Allah swt bersifat ....
a.       Al-Hafidz
b.      Al-Basit
c.       Al-Waduud
d.      Ar-Rofi’
e.       Al-Mu’izzu

10.  Allah swt sebagai dzat yang berkuasa untuk menjaga dan mengendalikan segala ciptaan dan segala urusan yang terjadi dalam kehidupan dunia ataupun akhirat. Hal ini menunjukkan bahwa Allah swt bersifat ....
a.       An-Nafi’
b.      Al-Hafiz
c.       Al-Qoyyum
d.      Ar-Rahman
e.       Al-Warits

11.  Sesungguhnya taubat yang diterima oleh Allah swt adalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan karena ketidak tahuan lalu mereka lalu mereka bertaubat dengan segera, sebagaimana dijelaskan oleh Allah swt di dalam ....
a.       QS. At-Tahrim ayat 8
b.      QS. Al-Anbiya’ ayat 87
c.       QS. Thaha ayat 82
d.      QS. Al-Taubah ayat 17
e.       QS. Al-Baqara ayat 221

12.  Diantara hikmah yang dapat dipetik dari berprasangka baik kepada Allah adalah memotivasi manusia untuk beramal dengan sungguh-sungguh untuk meraih kehidupan yang lebih baik dengan ....
a.       Bersikap apatis atas segala sesuatu yang terjadi di alam semesta
b.      Mengeksploitasi semua yang ada di bumi karena termasuk anugerah dari Allah swt
c.       Mengikuti hukum kausalitas yang berlaku dan ditetapkan Allah
d.      Menjadikan hukum kausalitas sebagai pengingat kesadaran manusia
e.       Menaati semua aturan alam jika memang dibutuhkan dalam hidup

13.  Khusnudzan merupakan akhlak terpuji, karena husnudhan kepada Allah adalah ...
a.       Kunci mengembangkan kesenangan dan berujung pada kepuasan
b.      Kunci membuktikan kepuasan dan berujung pada kebebasan hidup
c.       Kunci memanfaatkan kemauan dan berujung pada keunggulan
d.      Kunci memaksimalkan kodrat dan berujung pada keselamatan hidup
e.       Kunci meminimalkan kegagalan dan berujung pada keberhasilan

14.  Dengan ucapan tahmid “alhamdulillah”, maka akan mendidik umat manusia untuk selalu mempunyai pandangan yang ....
a.       Penuh motivasi dan apriori kepada Allah atas segala takdir-Nya
b.      Penuh inspirasi dan rasa benci kepada Allah atas segala takdir-Nya
c.       Penuh aspirasi dan rasa pesimis kepada Allah atas segala takdir-Nya
d.      Penuh argumentasi dan rasa sanksi kepada Allah atas segala takdir-Nya
e.       Penuh apresiasi dan rasa optimis kepada Allah atas segala takdir-Nya

15.  Ucapan kalimat tayyibah tasbih “subhanallah” dan tahmid “alhamdulillah” adalah dapat menjadi sumber kekuatan rohani dalam menghadapi hidup ini yaitu menumbuhkan sikap ....
a.       Sikap cemas, kalut dan mengabaikan harapan kepada Allah bagi masa depan
b.      Sikap positif, optimis dan penuh harapan kepada Allah bagi masa depan
c.       Sikap apatis terhadap segala keadaan yang akan terjadi bagi masa depan
d.      Sikap khawatir terhadap segala keadaan yang terjadi di masa depan
e.       Sikap cinta dunia sekarang dan bagi masa depan

16.  Tidak ada siapapun yang bisa lari dan menghindar dari takdir yang telah ditetapkan Allah. Tidak ada yang terjadi di dunia ini melainkan ....
a.       Apa yang dikehendaki oleh segala kemungkinan yang ada di alam
b.      Apa yang dikehendaki semua makhluk dalam kehidupannya
c.       Apa yang dikehendaki Allah terhadap makhluk dan hamba-Nya
d.      Apa yang dikehendaki semua manusia terhadap penciptanya
e.       Apa yang dikehendaki semua makhluk terhadap penguasanya

17.  Rantai kalimat tayyibah tasbih adalah tahmid, yaitu bacaan “Alhamdulillah “ (segala puji bagi Allah). Bacaan ini dapat menjadi sugesti kekuatan rohani dalam menghadapi dunia ini dan merupakan penegasan kepada setiap mukmin agar jangan sampai....
a.       Berpikir berlebihan tetapi harus berpikir sewajarnya tentang Tuhan
b.      Berpikiran berbeda tetapi harus berpikir sama tentang Tuhan
c.       Berpikir positif tetapi harus berpikir negatif tentang Tuhan
d.      Berpikir negatif tetapi harus berpikir positif tentang Tuhan
e.       Berpikir apatis tetapi harus berpikir apriori tentang Tuhan

18.  Dalam realita kehidupan, tidak sedikit insan yang memiliki keinginan yang bertolak belakang dengan ketetapan Allah, sehingga manusia cenderung mengikuti hawa nafsunya dan sering tanpa ia sadari muncul pemikiran dan tingkah laku yang dirasakan benar namun justru tidak dibenarkan dalam agama. Karena itu apabila tidak segera dicarikan jalan keluar dengan cara merubah keinginan manusia untuk diselaraskan dengan ketetapan Allah maka ....
a.       Akan Melahirkan kesejahteraan dalam kehidupan dunia dan akhirat
b.      Akan melahirkan keuntungan dalam kehidupan dunia dan akhirat
c.       Akan melahirkan kesuksesan dalam kehidupan dunia dan akhirat
d.      Akan melahirkan malapetaka dalam kehidupan dunia dan akhirat
e.       Akan melahirkan kemenangan dalam kehidupan dunia dan akhirat

19.  Terdapat lima unsur yang harus dipenuhi oleh seseorang yang hendak bertobat secara sempurna antara lain yaitu kecuali ....
a.       Menyadari dan menyesali kesalahan yang telah dikerjakan
b.      Istighfar  kepada Allah swt
c.       Berjanji tidak akan mengulangi kesalahannya
d.      Menutupi kesalahan masa lalu dengan amal shaleh
e.       Merasa senang atas semua perbuatan yang sudah berlalu

20.  Allah swt telah memberikan kepada manusia kemampuan untuk memilih dan berusaha, maka segala perbuatannya yang terjadi adalah atas pilihan dan kemampuannya, yang harus ....
a.       Diaktualkan dengan penuh kebebasan
b.      Diamalkan dengan penuh kepuasan
c.       Diimplementasikan sesuai kesenangan hidup
d.      Dipertanggungjawabkan di hadapan Allah swt
e.       Diseleksi menurut prioritas tujuan hidup

21.  Di akherat nanti ada beberapa orang yang dicap oleh Allah sebagai pendusta, ada yang mengaku mempelajari ilmu pengetahuan, mengajarkannya karena Allah, padahal ....
a.       Mereka hanya ingin dikenal sebagai orang yang mau mendidik
b.      Mereka hanya ingin dikenal sebagai orang pandai yang baik
c.       Mereka hanya ingin dikenal sebagai orang yang taat beramal
d.      Mereka hanya ingin dikenal sebagai orang yang tekun mengajar
e.       Mereka hanya ingin dikenal sebagai orang ‘alim dan qori’

22.  Di akherat kelak terdapat seseorang yang mengaku mendermakan hartanya untuk mengharap ridha Allah, padahal dia hanya ingin disebut dermawan, akibat dari sikap riya’ tersebut adalah ....
a.       Semua amalannya ditolak dan dimasukkan ke neraka
b.      Semua amalannya dibiarkan mubazir dan tidak dihisab
c.       Semua amalannya dibatalkan tetapi mendapat safaat
d.      Semua amalannya diterima dan dimasukkan ke surga
e.       Semua amalannya ditangguhkan proses penghitungannya
23.  Di bawah ini salah satu sebab ditolaknya semua amal perbuatan manusia, sehingga pengabdian yang sudah dilakukan menjadi sia-sia yaitu kecuali ....
a.       Ingin dianggap sebagai orang yang paling aktif
b.      Ingin melakukan kebaikan yang bermanfaat
c.       Ingin terkenal di dalam lingkungan masyarakat
d.      Ingin mendapatkan simpati dari orang lain
e.       Apabila terbersit perasaan ingin disanjung orang lain

24.  Dalam hubungannya sebagaimana kasus no. 23 di atas Imam Ghazali menuturkan bahwa  keinginan agar keistimewaan diketahui orang lain adalah ....
a.       Menjadi bukti tidak adanya harapan akan datangnya kiamat
b.      Menjadi bukti tidak adanya kepahaman dalam menghamba
c.       Menjadi bukti tidak adanya tanggung jawab menghamba
d.      Menjadi bukti adanya kedustaan dalam kehambaan seseorang
e.       Menjadi bukti tidak adanya konsentrasi dalam menghamba



25.  Suatu sikap yang membeda-bedakan orang lain berdasarkan suku, ras, bahasa, budaya ataupun agama dalam bahasa arab disebut ....
a.       Al-Raghibun               d.AlMuhibbun
b.      Al-Mani’un                 e.AlKholishun
c.       Al-Muhabbah
26.  Aniaya merupakan sikap tidak terpuji yang harus ditinggalkan oleh setiap muslim, karena tindakan aniaya akan dapat merusak kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat. Tindakan aniaya diklasifikasikan sebagai ....
a.       Perbuatan yang dapat mengacaukan masa depan generasi
b.      Perbuatan yang membawa kerugian di masa depan
c.       Perbuatan yang membawa dampak perubahan sosial
d.      Perbuatan yang menyesatkan dan menyengsarakan
e.       Perbuatan yang menyesatkan namun menyenangkan

27.  Salah satu konsep dzalim perspektif Iman Al-Razi yaitu ....
a.       Orang yang setelah dihisab masuk neraka
b.      Orang yang suka menggunjing dan memfitnah
c.       Orang yang suka berlaku boros dan tidak mengindahkan estetika
d.      Orang yang banyak melakukan kesalahan
e.       Orang yang suka mengurangi timbangan

28.  Menjadikan manusia riya’ merupakan jalan yang sangat disukai syetan. Syetan lebih suka menjerumuskan manusia ke dalam neraka jahannam melalui jalan ibadah. Oleh karena itu ....
a.       Manusia harus waspada dengan perbuatan yang dibenci syetan
b.      Manusia harus waspada terhadap riya’
c.       Manusia harus waspada dengan perbuatan yang disukai manusia
d.      Manusia harus waspada dengan perbuatan yang menyenangkan
e.       Manusia harus waspada dengan perbuatan yang disukai syetan

29.  Suatu sikap yang membeda-bedakan orang lain berdasarkan suku, ras, bahasa, budaya ataupun agama dalam bahasa arab disebut ....
a.       Al-Raghibun
b.      Al-Mani’un
c.       Al-Muhabbah
d.      Al-Muhibbun
e.       Al-Kholishun

30.  Menurut pendapat dari Muhammad bin Aslam, jika setiap insan menyadari bahwa di akherat mereka akan sendiri dan setiap amal pasti dilihat Allah, maka perbuatan riya’ merupakan ....
a.       Suatu kebodohan yang akan menyesatkan di akhirat
b.      Suatu kebohongan yang akan mendapatkan balasan
c.       Suatu tindakan aniaya yang nyata membawa kerugian
d.      Suatu tindakan nyata yang akan mendatangkan azab
e.       Suatu kebohongan dan kebodohan yang nyata

31.  Iman kepada Allah SWT sebagai pencipta, penguasa, dan pengatur segala urusan yang ada di alam semesta, menghidupkan dan perkara takdir, dan menetapkan hukum alam (sunatullah) disebut dengan tauhid ....
a.       Rububiyah
b.      Rahmaniyah
c.       Asma wa sifat
d.      Mulkiyah
e.       Uluhiyah

32.  Ilmu kalam juga disebut ilmu Aqidah atau ilmu Ushuluddin. Hal ini karena banyak membicarakan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan dan dasar-dasar ajaran agama. Bagi orang-orang kristen, ilmu kalam disebut sebagai ilmu ....
a.       Ilmu aqidah
b.      Ilmu ma’rifat
c.       Ilmu fiqih akbar
d.      Teologi islam
e.       Theologi

33.  Ilmu kalam yaitu suatu disiplin ilmu yang membicarakan mengenai wujud Allah, sifat-sifat wajib yang ada bagi-Nya, sifat-sifat jaiz yang disifatkan bagi-Nya dan sifat-sifat yang tidak ada bagi-Nya, juga membahas mengenai Rasul-Rasul Allah untuk menetapkan kebenaran risalahnya, apa yang wajib ada pada dirinya, hal-hal jaiz yang dihubungkan pada diri mereka, dan hal-hal terlarang yang dihubungkan kepada diri mereka. Definisi tersebut adalah menurut ....
a.       Imam Ghazali
b.      Hasan Al banna
c.       Mahmud Syaitul
d.      Muhammad Abduh
e.       Abu’ala Maududi

34.  Ditinjau dari ruang lingkupnya, pembahasan ilmu kalam mencakup beberapa hal antara lain yaitu ....
a.       Berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan seorang muslim
b.      Berkaitan dengan persoalan khilafiyah umat Islam
c.       Berkaitan dengan fikih kontemporer
d.      Sejarah tentang kemajuan peradaban
e.       Berkaitan dengan kehidupan yang akan datang seperti hari kebangkitan dari kubur, hisab dan lain-lain

35.  Ruang lingkup pembahasan ilmu kalam mencakup beberapa hal, salah satunya yaitu mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan yang akan datang seperti ...
a.       Manusia
b.      Siksa kubur
c.       Malaikat
d.      Nabi
e.       Rasul


36.  Istilah lain yang sering dipakai untuk ilmu kalam antara lain yaitu kecuali ....
a.       Ilmu aqidah
b.      Ilmu aqoid
c.       Mutakalimin
d.      Ilmu ushuluddin
e.       Ilmu tauhid

37.  Kelompok yang memberikan tafsir bahkan ta’wil terhadap ayat suci Al-Qur’an dengan berlandaskan kepada akal disebut ....
a.       Ulama
b.      Mutakallimin
c.       Filsuf
d.      Faqih
e.       Sufi

38.  Karakteristik yang melekat pada pada mutakallimin adalah menginterpretasikan dalil naqli dengan memakai ...
a.       Rasionalitas
b.      Kasyaf
c.       Pemahaman salaf
d.      Ittiba’ Rasulullah saw
e.       Renungan

39.  Ditinjau dari obyek pembahasannya, ilmu kalam disebut juga dengan istilah ilmu tauhid karena ....
a.       Sama-sama membicarakan Tuhan
b.      Sama-sama membicarakan sifat Allah SWT
c.       Sama-sama membicarakan mengenai keyakinan
d.      Sama-sama memperkenalkan ajaran-ajaran aqidah Islam
e.       Sama-sama membicarakan masalah yang gaib

40.  Istilah lain yang digunakan untuk menyebut ilmu kalam adalah ilmu ushuluddin. Hal ini dikarenakan ....
a.       Banyak membicarakan politik dan kekhalifahan
b.      Banyak membicarakan masalah sosial keagamaan
c.       Banyak membicarakan sejarah turunnya Al-Qur’an
d.      Banyak membicarakan masalah kepercayaan dan dasar-dasar agama
e.       Banyak membicarakan tata cara beribadah kepada Allah

41.  Ilmu kalam yaitu sebuah disiplin ilmu yang membicarakan mengenai dzat dan sifat Allah beserta eksistensi semua yang mungkin, mulai yang berkenaan dengan masalah dunia sampai masalah sesudah mati yang berlandaskan doktrim Islam. Hal ini menurut ....
a.       Al-Ghazali
b.      Az-Zamakhsari
c.       Adz-Dzahabi
d.      Al-Farabi
e.       Al Maturidi

42.  Golongan yang melandaskan ilmunya dan mengambil pemikiran-pemikiran filsafat yunani dan yang menganggap bahwa filsafat itu paling benar dalam memahami sebuah hakekat kehidupan dinamakan ....
a.       Ushulliyyin
b.      Faqih
c.       Ulama
d.      Liberal
e.       Filosof

43.  Salah satu metode yang digunakan oleh ulama sunni termasuk Imam Ahmad bin Hambal dalam memahami nash Al-Qur’an maupun hadits adalah dengan merujuk kepada pemahaman para ....

a.       Salaf
b.      Zindiq
c.       Khalaf
d.      Liberal
e.       Rasionalis

44.  Iman kepada Allah swt, Malaikat, kitab-kitab Allah, Nabi dan Rasul, hari akhir, qadha dan qadhar merupakan sistematika dari kajian ilmu kalam, atau sistematika tersebut disebut ....
a.       Ilmu iman
b.      Rukun islam
c.       Ahlu kalam
d.      Rukun iman
e.       Mutakallimin

45.  Mengimani dengan sepenuhnya bahwa Allah swt adalah Rabb satu-satunya, tiada sekutu bagiNya dan tiada penolong baginNya, serta dzat yang menciptakan, memiliki serta memerintah merupakan pengertian dari tauhid ....
a.       Rububiyah
b.      Asma wa sifat
c.       Rahmaniyah
d.      Uluhiyah
e.       Mulkiyah
46.  Seseorang yang mendasarkan pengetahuannya kepada pengalaman batin dan renungan atau kasyaf disebut ....
a.       Sufi
b.      Mufasir
c.       Ulama
d.      Ushuliyyin
e.       Muhandits
47.  Salah satu ruang lingkup ilmu kalam yang membicarakan mengenai semua hal yang berkaitan dengan alam metafisik seperti malaikat, jin, iblis, setan, ruh dan lain sebagainya disebut ....
a.       Nubuwat
b.      Ilahiyat
c.       Sam’iyat
d.      Rububiyah
e.       Ruhaniyah

48.  Apabila kita analisa dengan cermat, maka akan kita pahami bahwa terdapat banyak metode untuk memahami dalil, salah satunya yaitu merujuk kepada golongan salaf. Yang dimaksud golongan salaf yaitu ....
a.       Para sahabat dan tabi’in
b.      Para ulama mutaakhirin
c.       Para tokoh-tokoh filsafat
d.      Para ulama yang melakukan ijtihad
e.       Para ulama yang membicarakan tentang ke-Esaan Allah swt

49.  Menurut tokoh ikhwanul Muslimin, Hasan Al Banna membagi ruang lingkup pembahasan aqidah islam atau ilmu kalam ke dalam empat spektrum yaitu kecuali ....
a.       Ruhaniyat
b.      Qur’aniyah
c.       Ilahiyat
d.      Sam’iyat
e.       Nubuwat

50.  Apabila kita melakukan diskusi dengan topik pembicaraan mengenai segala hal yang berkaitan dengan Rasul Allah sebagai penyambung ataupun pembawa risalah kepada manusia, seperti Malaikat, Nabi, rasul dan beberapa kitab suci, maka diskusi tersebut telah masuk ke dalam ranah pembahasan ....
a.       Ilmu astronomi
b.      Ilmu mantiq
c.       Ilmu kalam
d.      Ilmu akhlak

e.       Ilmu falak


HAYO JANGAN LUPA IYA DIJAWAB TERIMA KASIH 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal pramuka tali temali

Tugas Meresum Perjalanan Obat Dalam Tubuh Manusia versi Abdul Gofur