SOAL AKIDAH AKHLAK VERSI ABDUL GOFUR
SOAL AKIDAH AKHLAK
1.
Allah akan selalu melindungi makhluk ciptaan-Nya
dari segala gangguan yang mengancam kehidupannya, Allah memberikan jaminan
keamanan dan keberlangsungan hidup makhluk-makhluk-Nya karena Allah SWT
bersifat ....
a.
Al-Wadud d.
An-Nafi
b.
Al-Barr e.
Al-Waliy
c.
Al-Qayyum
2.
Keseluruhan aspek kehidupan harus menerapkan
prinsip regenerasi, kaderisasi dan pengalihan kepemilikian kepada orang yang
berhak mendapatkannya. Hal ini merupakan konsekuensi logis dari beriman kepada
salah satu sifat Allah swt yang disebut ....
a.
Al-Qoyyum
b.
Al-Warits
c.
An-Nafi
d.
Al-Muqsith
e.
Al-Waliy
3.
Selalu memberikan maaf kepada sesama dan
menyadari dan meninggalkan kesalahan yang telah dilakukan merupakan salah satu
bentuk meneladani sifat Allah swt yang dinamakan ....
a.
Ar-Roofi’
b.
Al-Afuww
c.
Al-Basith
d.
Al-Mu’izzu
e.
Al-Warits
4.
Perhatikan statemen di bawah ini!
1)
Tidak bersumpah untuk tidak memberi bantuan
2)
Menyadari keragaman sebagai sunatullah, sehingga
tumbuh rasa toleransi dalam kehidupan masyarakat.
3)
Meyakini Allah yang memberi Kekuasaan
4)
Tidak memaksa dalam hal beragama, tetapi
memberikan kebebasan untuk memilih agama.
5)
Meyakini Allah yang mencabut jabatan dan
wewenang.
Dua bentuk sikap manusia yang meneladani sifat Allah Al-Mu’iz yaitu ....
a.
2 dan 5
b.
1 dan 3
c.
1 dan 4
d.
3 dan 4
e.
4 dan 5
5.
Selalu menjalankan aktifitas yang memberikan
makna terhadap kelangsungan hidup bersama secara berkesinambungan dan sistemik
merupakan salah satu bentuk pengamalan dari meneladani sifat Allah swt, yaitu
....
a.
Al-Hafidz
b.
An-Nafi’
c.
Al-Muqsith
d.
Al-Warits
e.
Al-Waduud
6.
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1)
Tidak menjadi pengemis
2)
Memiliki peranan penting dalam kehidupan
masyarakat
3)
Berusaha selalu bermanfaat bagi yang lain
4)
Tidak mengumpat
5)
Tetap berprinsip tangan di atas lebih baik
daripada tangan di bawah
6)
Menampakkan kelebihan kepada orang lain dan
menutupi kekurangannya walaupun sebenarnya berhak dibantu.
7)
Tidak membeberkan kesalahan orang lain
8)
Tidak menjadi seorang yang pendendam
Tiga bentuk sikap manusia yang meneladani sifat Allah Al-Basit adalah
....
a.
1, 5 dan 6
b.
2, 3, dan 6
c.
6, 7, dan 8
d.
2, 3 dan 5
e.
1, 3, dan 4
7.
Senantiasa memberikan jalan kemudahan bagi
setiap orang untuk menyelesaikan urusannya merupakan manifestasi dari
meneladani salah satu sifat Allah swt yaitu ....
a.
Al-Basit
b.
Al-Hafidz
c.
Al-Gaffar
d.
Al-Warits
e.
Al-Waliy
8.
Orang yang beriman angkat diangkat Allah menjadi
makhluk yang mulia dan sempurna. Hal ini menunjukkan bahwa Allah swt bersifat
....
a.
Al-Warits
b.
Ar-Raffi
c.
Al-Qoyyum
d.
Al-Barr
e.
Al-Basith
9.
Allah swt sebagai dzat yang berkuasa untuk
mencukupi segala kebutuhan hidup dan menentukan segala urusan yang dihadapi
makhluk-Nya karena Allah swt bersifat ....
a.
Al-Hafidz
b.
Al-Basit
c.
Al-Waduud
d.
Ar-Rofi’
e.
Al-Mu’izzu
10. Allah
swt sebagai dzat yang berkuasa untuk menjaga dan mengendalikan segala ciptaan
dan segala urusan yang terjadi dalam kehidupan dunia ataupun akhirat. Hal ini
menunjukkan bahwa Allah swt bersifat ....
a.
An-Nafi’
b.
Al-Hafiz
c.
Al-Qoyyum
d.
Ar-Rahman
e.
Al-Warits
11. Sesungguhnya
taubat yang diterima oleh Allah swt adalah taubat bagi orang-orang yang
mengerjakan kejahatan karena ketidak tahuan lalu mereka lalu mereka bertaubat
dengan segera, sebagaimana dijelaskan oleh Allah swt di dalam ....
a.
QS. At-Tahrim ayat 8
b.
QS. Al-Anbiya’ ayat 87
c.
QS. Thaha ayat 82
d.
QS. Al-Taubah ayat 17
e.
QS. Al-Baqara ayat 221
12. Diantara
hikmah yang dapat dipetik dari berprasangka baik kepada Allah adalah memotivasi
manusia untuk beramal dengan sungguh-sungguh untuk meraih kehidupan yang lebih
baik dengan ....
a.
Bersikap apatis atas segala sesuatu yang terjadi
di alam semesta
b.
Mengeksploitasi semua yang ada di bumi karena termasuk
anugerah dari Allah swt
c.
Mengikuti hukum kausalitas yang berlaku dan
ditetapkan Allah
d.
Menjadikan hukum kausalitas sebagai pengingat
kesadaran manusia
e.
Menaati semua aturan alam jika memang dibutuhkan
dalam hidup
13. Khusnudzan
merupakan akhlak terpuji, karena husnudhan kepada Allah adalah ...
a.
Kunci mengembangkan kesenangan dan berujung pada
kepuasan
b.
Kunci membuktikan kepuasan dan berujung pada
kebebasan hidup
c.
Kunci memanfaatkan kemauan dan berujung pada
keunggulan
d.
Kunci memaksimalkan kodrat dan berujung pada
keselamatan hidup
e.
Kunci meminimalkan kegagalan dan berujung pada
keberhasilan
14. Dengan
ucapan tahmid “alhamdulillah”, maka akan mendidik umat manusia untuk selalu
mempunyai pandangan yang ....
a.
Penuh motivasi dan apriori kepada Allah atas
segala takdir-Nya
b.
Penuh inspirasi dan rasa benci kepada Allah atas
segala takdir-Nya
c.
Penuh aspirasi dan rasa pesimis kepada Allah
atas segala takdir-Nya
d.
Penuh argumentasi dan rasa sanksi kepada Allah
atas segala takdir-Nya
e.
Penuh apresiasi dan rasa optimis kepada Allah
atas segala takdir-Nya
15. Ucapan
kalimat tayyibah tasbih “subhanallah” dan tahmid “alhamdulillah” adalah dapat
menjadi sumber kekuatan rohani dalam menghadapi hidup ini yaitu menumbuhkan
sikap ....
a.
Sikap cemas, kalut dan mengabaikan harapan
kepada Allah bagi masa depan
b.
Sikap positif, optimis dan penuh harapan kepada
Allah bagi masa depan
c.
Sikap apatis terhadap segala keadaan yang akan
terjadi bagi masa depan
d.
Sikap khawatir terhadap segala keadaan yang
terjadi di masa depan
e.
Sikap cinta dunia sekarang dan bagi masa depan
16. Tidak
ada siapapun yang bisa lari dan menghindar dari takdir yang telah ditetapkan
Allah. Tidak ada yang terjadi di dunia ini melainkan ....
a.
Apa yang dikehendaki oleh segala kemungkinan
yang ada di alam
b.
Apa yang dikehendaki semua makhluk dalam
kehidupannya
c.
Apa yang dikehendaki Allah terhadap makhluk dan
hamba-Nya
d.
Apa yang dikehendaki semua manusia terhadap
penciptanya
e.
Apa yang dikehendaki semua makhluk terhadap
penguasanya
17. Rantai
kalimat tayyibah tasbih adalah tahmid, yaitu bacaan “Alhamdulillah “ (segala
puji bagi Allah). Bacaan ini dapat menjadi sugesti kekuatan rohani dalam
menghadapi dunia ini dan merupakan penegasan kepada setiap mukmin agar jangan
sampai....
a.
Berpikir berlebihan tetapi harus berpikir
sewajarnya tentang Tuhan
b.
Berpikiran berbeda tetapi harus berpikir sama
tentang Tuhan
c.
Berpikir positif tetapi harus berpikir negatif
tentang Tuhan
d.
Berpikir negatif tetapi harus berpikir positif
tentang Tuhan
e.
Berpikir apatis tetapi harus berpikir apriori
tentang Tuhan
18. Dalam
realita kehidupan, tidak sedikit insan yang memiliki keinginan yang bertolak
belakang dengan ketetapan Allah, sehingga manusia cenderung mengikuti hawa
nafsunya dan sering tanpa ia sadari muncul pemikiran dan tingkah laku yang
dirasakan benar namun justru tidak dibenarkan dalam agama. Karena itu apabila
tidak segera dicarikan jalan keluar dengan cara merubah keinginan manusia untuk
diselaraskan dengan ketetapan Allah maka ....
a.
Akan Melahirkan kesejahteraan dalam kehidupan
dunia dan akhirat
b.
Akan melahirkan keuntungan dalam kehidupan dunia
dan akhirat
c.
Akan melahirkan kesuksesan dalam kehidupan dunia
dan akhirat
d.
Akan melahirkan malapetaka dalam kehidupan dunia
dan akhirat
e.
Akan melahirkan kemenangan dalam kehidupan dunia
dan akhirat
19. Terdapat
lima unsur yang harus dipenuhi oleh seseorang yang hendak bertobat secara
sempurna antara lain yaitu kecuali ....
a.
Menyadari dan menyesali kesalahan yang telah
dikerjakan
b.
Istighfar
kepada Allah swt
c.
Berjanji tidak akan mengulangi kesalahannya
d.
Menutupi kesalahan masa lalu dengan amal shaleh
e.
Merasa senang atas semua perbuatan yang sudah
berlalu
20. Allah
swt telah memberikan kepada manusia kemampuan untuk memilih dan berusaha, maka
segala perbuatannya yang terjadi adalah atas pilihan dan kemampuannya, yang
harus ....
a.
Diaktualkan dengan penuh kebebasan
b.
Diamalkan dengan penuh kepuasan
c.
Diimplementasikan sesuai kesenangan hidup
d.
Dipertanggungjawabkan di hadapan Allah swt
e.
Diseleksi menurut prioritas tujuan hidup
21. Di
akherat nanti ada beberapa orang yang dicap oleh Allah sebagai pendusta, ada
yang mengaku mempelajari ilmu pengetahuan, mengajarkannya karena Allah, padahal
....
a.
Mereka hanya ingin dikenal sebagai orang yang
mau mendidik
b.
Mereka hanya ingin dikenal sebagai orang pandai
yang baik
c.
Mereka hanya ingin dikenal sebagai orang yang
taat beramal
d.
Mereka hanya ingin dikenal sebagai orang yang
tekun mengajar
e.
Mereka hanya ingin dikenal sebagai orang ‘alim
dan qori’
22. Di
akherat kelak terdapat seseorang yang mengaku mendermakan hartanya untuk
mengharap ridha Allah, padahal dia hanya ingin disebut dermawan, akibat dari
sikap riya’ tersebut adalah ....
a.
Semua amalannya ditolak dan dimasukkan ke neraka
b.
Semua amalannya dibiarkan mubazir dan tidak
dihisab
c.
Semua amalannya dibatalkan tetapi mendapat
safaat
d.
Semua amalannya diterima dan dimasukkan ke surga
e.
Semua amalannya ditangguhkan proses
penghitungannya
23. Di
bawah ini salah satu sebab ditolaknya semua amal perbuatan manusia, sehingga
pengabdian yang sudah dilakukan menjadi sia-sia yaitu kecuali ....
a.
Ingin dianggap sebagai orang yang paling aktif
b.
Ingin melakukan kebaikan yang bermanfaat
c.
Ingin terkenal di dalam lingkungan masyarakat
d.
Ingin mendapatkan simpati dari orang lain
e.
Apabila terbersit perasaan ingin disanjung orang
lain
24. Dalam
hubungannya sebagaimana kasus no. 23 di atas Imam Ghazali menuturkan bahwa keinginan agar keistimewaan diketahui orang
lain adalah ....
a.
Menjadi bukti tidak adanya harapan akan
datangnya kiamat
b.
Menjadi bukti tidak adanya kepahaman dalam
menghamba
c.
Menjadi bukti tidak adanya tanggung jawab
menghamba
d.
Menjadi bukti adanya kedustaan dalam kehambaan
seseorang
e.
Menjadi bukti tidak adanya konsentrasi dalam
menghamba
25. Suatu
sikap yang membeda-bedakan orang lain berdasarkan suku, ras, bahasa, budaya
ataupun agama dalam bahasa arab disebut ....
a.
Al-Raghibun d.AlMuhibbun
b.
Al-Mani’un e.AlKholishun
c.
Al-Muhabbah
26. Aniaya
merupakan sikap tidak terpuji yang harus ditinggalkan oleh setiap muslim,
karena tindakan aniaya akan dapat merusak kehidupan pribadi, keluarga dan
masyarakat. Tindakan aniaya diklasifikasikan sebagai ....
a.
Perbuatan yang dapat mengacaukan masa depan
generasi
b.
Perbuatan yang membawa kerugian di masa depan
c.
Perbuatan yang membawa dampak perubahan sosial
d.
Perbuatan yang menyesatkan dan menyengsarakan
e.
Perbuatan yang menyesatkan namun menyenangkan
27. Salah
satu konsep dzalim perspektif Iman Al-Razi yaitu ....
a.
Orang yang setelah dihisab masuk neraka
b.
Orang yang suka menggunjing dan memfitnah
c.
Orang yang suka berlaku boros dan tidak
mengindahkan estetika
d.
Orang yang banyak melakukan kesalahan
e.
Orang yang suka mengurangi timbangan
28. Menjadikan
manusia riya’ merupakan jalan yang sangat disukai syetan. Syetan lebih suka
menjerumuskan manusia ke dalam neraka jahannam melalui jalan ibadah. Oleh
karena itu ....
a.
Manusia harus waspada dengan perbuatan yang
dibenci syetan
b.
Manusia harus waspada terhadap riya’
c.
Manusia harus waspada dengan perbuatan yang
disukai manusia
d.
Manusia harus waspada dengan perbuatan yang
menyenangkan
e.
Manusia harus waspada dengan perbuatan yang
disukai syetan
29. Suatu
sikap yang membeda-bedakan orang lain berdasarkan suku, ras, bahasa, budaya
ataupun agama dalam bahasa arab disebut ....
a.
Al-Raghibun
b.
Al-Mani’un
c.
Al-Muhabbah
d.
Al-Muhibbun
e.
Al-Kholishun
30. Menurut
pendapat dari Muhammad bin Aslam, jika setiap insan menyadari bahwa di akherat
mereka akan sendiri dan setiap amal pasti dilihat Allah, maka perbuatan riya’
merupakan ....
a.
Suatu kebodohan yang akan menyesatkan di akhirat
b.
Suatu kebohongan yang akan mendapatkan balasan
c.
Suatu tindakan aniaya yang nyata membawa
kerugian
d.
Suatu tindakan nyata yang akan mendatangkan azab
e.
Suatu kebohongan dan kebodohan yang nyata
31. Iman
kepada Allah SWT sebagai pencipta, penguasa, dan pengatur segala urusan yang
ada di alam semesta, menghidupkan dan perkara takdir, dan menetapkan hukum alam
(sunatullah) disebut dengan tauhid ....
a.
Rububiyah
b.
Rahmaniyah
c.
Asma wa sifat
d.
Mulkiyah
e.
Uluhiyah
32. Ilmu
kalam juga disebut ilmu Aqidah atau ilmu Ushuluddin. Hal ini karena banyak
membicarakan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan
dan dasar-dasar ajaran agama. Bagi orang-orang kristen, ilmu kalam disebut
sebagai ilmu ....
a.
Ilmu aqidah
b.
Ilmu ma’rifat
c.
Ilmu fiqih akbar
d.
Teologi islam
e.
Theologi
33. Ilmu
kalam yaitu suatu disiplin ilmu yang membicarakan mengenai wujud Allah,
sifat-sifat wajib yang ada bagi-Nya, sifat-sifat jaiz yang disifatkan bagi-Nya
dan sifat-sifat yang tidak ada bagi-Nya, juga membahas mengenai Rasul-Rasul
Allah untuk menetapkan kebenaran risalahnya, apa yang wajib ada pada dirinya,
hal-hal jaiz yang dihubungkan pada diri mereka, dan hal-hal terlarang yang
dihubungkan kepada diri mereka. Definisi tersebut adalah menurut ....
a.
Imam Ghazali
b.
Hasan Al banna
c.
Mahmud Syaitul
d.
Muhammad Abduh
e.
Abu’ala Maududi
34. Ditinjau
dari ruang lingkupnya, pembahasan ilmu kalam mencakup beberapa hal antara lain
yaitu ....
a.
Berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan
seorang muslim
b.
Berkaitan dengan persoalan khilafiyah umat Islam
c.
Berkaitan dengan fikih kontemporer
d.
Sejarah tentang kemajuan peradaban
e.
Berkaitan dengan kehidupan yang akan datang
seperti hari kebangkitan dari kubur, hisab dan lain-lain
35. Ruang
lingkup pembahasan ilmu kalam mencakup beberapa hal, salah satunya yaitu
mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan yang akan datang
seperti ...
a.
Manusia
b.
Siksa kubur
c.
Malaikat
d.
Nabi
e.
Rasul
36. Istilah
lain yang sering dipakai untuk ilmu kalam antara lain yaitu kecuali ....
a.
Ilmu aqidah
b.
Ilmu aqoid
c.
Mutakalimin
d.
Ilmu ushuluddin
e.
Ilmu tauhid
37. Kelompok
yang memberikan tafsir bahkan ta’wil terhadap ayat suci Al-Qur’an dengan
berlandaskan kepada akal disebut ....
a.
Ulama
b.
Mutakallimin
c.
Filsuf
d.
Faqih
e.
Sufi
38. Karakteristik
yang melekat pada pada mutakallimin adalah menginterpretasikan dalil naqli
dengan memakai ...
a.
Rasionalitas
b.
Kasyaf
c.
Pemahaman salaf
d.
Ittiba’ Rasulullah saw
e.
Renungan
39. Ditinjau
dari obyek pembahasannya, ilmu kalam disebut juga dengan istilah ilmu tauhid
karena ....
a.
Sama-sama membicarakan Tuhan
b.
Sama-sama membicarakan sifat Allah SWT
c.
Sama-sama membicarakan mengenai keyakinan
d.
Sama-sama memperkenalkan ajaran-ajaran aqidah
Islam
e.
Sama-sama membicarakan masalah yang gaib
40. Istilah
lain yang digunakan untuk menyebut ilmu kalam adalah ilmu ushuluddin. Hal ini
dikarenakan ....
a.
Banyak membicarakan politik dan kekhalifahan
b.
Banyak membicarakan masalah sosial keagamaan
c.
Banyak membicarakan sejarah turunnya Al-Qur’an
d.
Banyak membicarakan masalah kepercayaan dan
dasar-dasar agama
e.
Banyak membicarakan tata cara beribadah kepada
Allah
41. Ilmu
kalam yaitu sebuah disiplin ilmu yang membicarakan mengenai dzat dan sifat
Allah beserta eksistensi semua yang mungkin, mulai yang berkenaan dengan
masalah dunia sampai masalah sesudah mati yang berlandaskan doktrim Islam. Hal
ini menurut ....
a.
Al-Ghazali
b.
Az-Zamakhsari
c.
Adz-Dzahabi
d.
Al-Farabi
e.
Al Maturidi
42. Golongan
yang melandaskan ilmunya dan mengambil pemikiran-pemikiran filsafat yunani dan
yang menganggap bahwa filsafat itu paling benar dalam memahami sebuah hakekat
kehidupan dinamakan ....
a.
Ushulliyyin
b.
Faqih
c.
Ulama
d.
Liberal
e.
Filosof
43. Salah
satu metode yang digunakan oleh ulama sunni termasuk Imam Ahmad bin Hambal
dalam memahami nash Al-Qur’an maupun hadits adalah dengan merujuk kepada
pemahaman para ....
a.
Salaf
b.
Zindiq
c.
Khalaf
d.
Liberal
e.
Rasionalis
44. Iman
kepada Allah swt, Malaikat, kitab-kitab Allah, Nabi dan Rasul, hari akhir,
qadha dan qadhar merupakan sistematika dari kajian ilmu kalam, atau sistematika
tersebut disebut ....
a.
Ilmu iman
b.
Rukun islam
c.
Ahlu kalam
d.
Rukun iman
e.
Mutakallimin
45. Mengimani
dengan sepenuhnya bahwa Allah swt adalah Rabb satu-satunya, tiada sekutu
bagiNya dan tiada penolong baginNya, serta dzat yang menciptakan, memiliki
serta memerintah merupakan pengertian dari tauhid ....
a.
Rububiyah
b.
Asma wa sifat
c.
Rahmaniyah
d.
Uluhiyah
e.
Mulkiyah
46. Seseorang
yang mendasarkan pengetahuannya kepada pengalaman batin dan renungan atau
kasyaf disebut ....
a.
Sufi
b.
Mufasir
c.
Ulama
d.
Ushuliyyin
e.
Muhandits
47. Salah
satu ruang lingkup ilmu kalam yang membicarakan mengenai semua hal yang
berkaitan dengan alam metafisik seperti malaikat, jin, iblis, setan, ruh dan
lain sebagainya disebut ....
a.
Nubuwat
b.
Ilahiyat
c.
Sam’iyat
d.
Rububiyah
e.
Ruhaniyah
48. Apabila
kita analisa dengan cermat, maka akan kita pahami bahwa terdapat banyak metode
untuk memahami dalil, salah satunya yaitu merujuk kepada golongan salaf. Yang
dimaksud golongan salaf yaitu ....
a.
Para sahabat dan tabi’in
b.
Para ulama mutaakhirin
c.
Para tokoh-tokoh filsafat
d.
Para ulama yang melakukan ijtihad
e.
Para ulama yang membicarakan tentang ke-Esaan
Allah swt
49. Menurut
tokoh ikhwanul Muslimin, Hasan Al Banna membagi ruang lingkup pembahasan aqidah
islam atau ilmu kalam ke dalam empat spektrum yaitu kecuali ....
a.
Ruhaniyat
b.
Qur’aniyah
c.
Ilahiyat
d.
Sam’iyat
e.
Nubuwat
50. Apabila
kita melakukan diskusi dengan topik pembicaraan mengenai segala hal yang
berkaitan dengan Rasul Allah sebagai penyambung ataupun pembawa risalah kepada
manusia, seperti Malaikat, Nabi, rasul dan beberapa kitab suci, maka diskusi
tersebut telah masuk ke dalam ranah pembahasan ....
a.
Ilmu astronomi
b.
Ilmu mantiq
c.
Ilmu kalam
d.
Ilmu akhlak
e.
Ilmu falak
HAYO JANGAN LUPA IYA DIJAWAB TERIMA KASIH
Komentar
Posting Komentar